12
Sep

Satu Nias Satu Indonesia Menuju Gerbang Destinasi Wisata Dunia

Nias Selatan – Sail Nias 2019 merupakan penyelenggaraan program Sail Indonesia ke-11, yang tiap tahunnya dilaksanakan di daerah yang berbeda sejak tahun 2009. Pemerintah menilai, selama berlangsungnya Sail Indonesia, banyak manfaat yang dirasakan, terutama dalam peningkatan jumlah wisatawan dan pertumbuhan ekonomi.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Septriana Tangkary mengatakan, program Sail bukan hanya sebatas event tahunan.

“Yang diharapkan pemerintah pusat untuk program Sail Nias yang ke-11 ini adalah apa yang didapat setelahnya, bagaimana event Sail dapat memberikan dampak ekonomi yang kami harapkan,” kata Septriana melalui Konferensi Pers Media Center Kominfo di Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Nias Selatan, Kamis, (12/9)

Septriana menambahkan, dengan penyelenggaraan Sail Nias 2019 ini, berbagai infrastruktur pariwisata dan infrastruktur pendukung di Kabupaten Nias dibangun. Pembangunan tersebut berdampak pula pada peningkatan perekonomian setempat serta perkembangan pariwisata dan budayanya.

Program Sail Indonesia tidak hanya melibatkan satu atau dua Kementerian, tetapi berbagai Kementerian/Lembaga dari semua sektor terkait. Untuk Sail Nias sendiri, pemerintah juga fokus dalam pembangunan infrastruktur untuk mendorong sektor lainnya.

Kementerian Kominfo, kata Septriana, menjalankan tugas sebagai Government Public Relations (GPR) untuk menyampaikan informasi terkait kebijakan, program, dan capaian pemerintah kepada masyarakat luas. Tugas ini meliputi diseminasi informasi dan publikasi program Sail Nias 2019.

“Kominfo ditunjuk untuk menyiapkan media center, serta mempublikasikan dan mempromosikan kegiatan Sail Nias 2019. Harapan kita program ini bisa meningkatkan pariwisata Nias dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” tambahnya

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan, pihaknya merasa terhormat dengan dipilihnya Nias Selatan sebagai tuan rumah acara puncak.

“Beberapa rangkaian acara Sail Nias sudah dilaksanakan di Kepulauan Nias sejak 3 September, dan puncak acara diselenggarakan di Nias Selatan, tepatnya di Pelabuhan Baru Teluk Dalam,” kata Hilarius

Mewakili Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias Selatan, Hilarius menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada penyelenggara dan pemerintah pusat yang ikut menggerakkan ekonomi masyarakat melalui penyelenggaraan Sail Nias 2019.

“Tentu kami berterima kasih dengan adanya program Sail Nias ini, yang telah membantu menggerakkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pembangunan,” ungkapnya

Hilarius mengharapkan kegiatan Sail Nias dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias Selatan untuk mengembangkan sektor pariwisata sehingga dapat terus berkembang menjadi salah satu destinasi wisata turis mancanegara.

Bahkan tidak hanya sektor pariwisata, Hilarius juga berharap Sail Nias berdampak baik pada perkembangan daerah yang memberikan daya tarik bagi para investor agar Kepulauan Nias dan Nias Selatan bisa bergerak maju kedepannya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Kepemudaan Olahraga Kabupaten Nias Selatan, Anggraeni Dachi, bahwa Sail Nias merupakan event yang sangat stategis bagi Kepulauan Nias.

“Kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat kepada Kepulauan Nias harus kita jaga sampai nanti event sail ini berakhir,” tuturnya Anggraini menyatakan bahwa dengan adanya Sail Nias ini, tingkat kunjungan wisatawan asing mulai meningkat seiring dengan mulai merapatnya kapal-kapal layar ke Nias Selatan.

Selain itu, pelaksanaan event surfing internasional di pantai Sorake, nias Selatan, juga menjadi atraksi menarik tersendiri yang mendatangkan wisatawan asing.