14
Sep

Menkumham: Suksesi Sail Nias 2019 Menuju Destinasi Wisata Unggulan

Nias Selatan – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly yang juga sebagai Ketua Pelaksana Pusat Sail Nias 2019, mengapresiasi kelancaran dan kesuksesan event tersebut.

Yasonna yang juga merupakan putra daerah Nias ini mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan Sail Nias adalah untuk memperkuat dan memperkokoh visi pemerintah yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, mempercepat pembangunan ekonomi melalui sektor pariwisata, kelautan dan perikanan di Provinsi Sumatera Utara khususnya di Kepulauan Nias.

“Juga mempercepat pembangunan sumber daya pariwisata, kelautan dan perikanan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjadikan Kepulauan Nias sebagai destinasi wisata unggulan dengan mendorong pemerintah daerah serta seluruh stakeholder di sektor pariwisata,” kata Yasonna dalam sambutannya di Acara Puncak Sail Nias, Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (14/9).

Yasonna mengharapkan agar masyarakat Nias juga ikut bahu membahu membangun sektor maritim dan pariwisata yang berdaya saing serta berkelanjutan.

Yasonna menuturkan, rangkaian kegiatan Sail Nias 2019 diawali pada bulan Maret 2019 dengan Soft Launching yang dibuka oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dalam rangka sinkronisasi program dan kegiatan Sail Nias 2019.

“Program dan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di seluruh kabupaten dan kota di Kepulauan Nias. Adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi olahraga bahari seperti surfing, fishing dan diving, bola voli pantai dan lomba lari,”

Sementara itu, lanjut Yasonna, kegiatan lainnya yang diselenggarakan yakni seminar internasional kebudayaan Nias dan Festival Kopi Nusantara.

“Saya dan pak Menteri Desa kemarin (13/9) juga melihat festival kopi nusantara yang sangat bagus dan pameran kuliner Nias. Ini karena Kementerian, Lembaga, TNI dan Polri melalui tugas dan fungsinya masing-masing ikut serta bahu membahu membantu dan mendukung suksesnya seluruh rangkaian penyelenggaraan Sail Nias,” imbuhnya.

Lebih jelasnya, Yasonna mengatakan bahwa penyelenggaraan Sail Nias 2019 menjadi momentum apresiasi serta promosi seni dan budaya Nias melalui berbagai pagelaran, baik itu paduan suara maupun gelar tari yang dikemas secara apik melalui tangan-tangan profesional dalam bentuk tari pembuka kolosal yang bertemakan Eksotika Budaya Nias.