31
Aug

Menteri Yasonna Laoly Targetkan Sail Nias 2019 Datangkan 5-10 Ribu Wisatawan

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN – Jelang event Internasional Sail Nias 2109, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menargetkan 5-10 ribu wisatawan lokal maupun mancanegara datang memeriahkannya.

“Target wisata, kalau ini puncaknya kita perkirakan 5-10 ribu wisatawan,” kata dia, pada Rapat Koordinasi Panitia Bidang Keamanan Sail Nias 2019, di Aula Raja Inal Siregar, Lantai dua, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Sabtu (24/8/2019).

Yasonna mengatakan, rapat kali ini tentunya tidak hanya membahas mengenai target jumlah wisatawan, melainkan juga persiapan penyambutan Presiden Joko Widodo.

Lanjutannya, di lokasi nantinya tidak hanya satu titik tempat acara yang akan diberlangsungkan. Ada beberapa spot yang bisa menarik perhatian wisawatan lebih banyak lagi dengan keunggulan alam Nias.

“Tetapi kan banyak acara yang akan diselenggarakan di tiap-tiap daerah di Nias,” ungkapnya.

Kemudian, Yasonna mengatakan, akan ada beberapa perwakilan negara yang hadir untuk memeriahkan Sail Nias. Dengan hadirnya paa duta besar, ia berharap dapat mempromosikan event ini demi meningkatkan kedatangan wisatawan ke Sumut.

“Akan ada beberapa negara yang akan diundang untuk meramaikan kegiatan ini. Ada namanya diplomatik tour, diperkirakan ada 20 duta besar yang akan datang,” ungkapnya.

Sail Nias 2019 gelaran puncaknya 14 September mendatang. Demi kenyamanan para wisatawan, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan 31 unit bus yang akan beroperasi selama berlangsungnya Sail Nias 2019, dimana 20 bus akan beroperasi di Nias Selatan dan sisanya akan mengantarkan para tetamu yang berada di Gunung Sitoli.

Juga disiapkan 6 kapal tambahan untuk membawa penumpang dari Sibolga Menuju Kepulauan Nias.

Untuk menampung jumlah wisatawan, Pemerintah Kabupaten Nias Selatan telah menyiapkan 36 hotel, dimana 10 hotel terletak di Teluk Dalam dengan jumlah kamar sebanyak 156 kamar, lalu ada 26 hotel dan homestay yang berada di Pantai Soreke dengan kapasitas kamar 100 kamar.

 

sumber