05
Sep

Dukung Sail Nias 2019, KSOP Sibolga Siagakan 6 Kapal Penyeberangan

Medanbisnisdaily.com-Sibolga. Untuk menjamin kelancaran transportasi laut selama berlangsungnya Sail Nias 2019, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sibolga, telah menyiagakan 6 kapal di dua pelabuhan penyeberangan, yakni Pelabuhan Sibolga (PT Pelindo I) dan Pelabuhan ASP milik Pemko Sibolga. Keenam kapal tersebut, KMP Belanak dan KMP Simeru milik PT ASDP; dan 4 kapal milik PT Wira Jaya Logitama Lines (WJL) yakni, Wira Viktoria, Wira Prime, Wira Glory dan Wira Ono Niha.

Kepala KSOP Sibolga, Augustia Waruwu, mengatakan, keenam kapal tersebut siap mengangkut penumpang pergi pulang (PP) dari Sibolga tujuan Gunungsitoli, Nias dan Teluk Dalam, Nias Selatan.

Dia menjelaskan, masing-masing kapal penyeberangan tersebut mampu mengangkut 300 hingga 500 penumpang, dan 30-50 unit kendaraan.

“Untuk jaminan keselamatan penumpang juga sudah terpenuhi. Harapan kita, angkutan ini bisa mendukung pelaksanaan Sail Nias 2019, yang berlangsung, sejak tanggal 2 sampai 16 September 2019,” ujar Augustia Waruwu kepada wartawan, di Pelabuhan Sibolga, Selasa (3/9/2019).

Dia tidak menampik ada kendala yang dihadapi saat ini, terutama akses jalan menuju Pelabuhan Sibolga, yakni Jalan Horas Sibolga yang sempit akibat ramainya kendaraan.

“Kita minta, Jalan Horas disterilkan, sehingga akses masuk dan keluar kendaraan di kawasan Pelabuhan Sibolga berjalan lancar. Demikian pula akses jalan menuju Pelabuhan ASP Sibolga, di Jalan KH Ahmad Dahlan,” tutur Augustia.

 

sumber